Djavavista – Liburan sehari ke Lembang, rasanya sudah cukup puas. Apalagi kalau mampir ke 4 tempat berikut ini yang menawarkan pengalaman seru dan panorama cantik. Mau?

Lembang masih jadi primadona wisata di Bandung, Jawa Barat. Suasananya yang sejuk dan tenang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang jenuh dengan kehidupan di perkotaan. Apalagi, banyak tempat wisata yang asyik untuk didatangi di sana.

Disusun detikTravel, Kamis (12/2/2015) berikut 4 destinasi di Lembang yang bisa kamu kunjungi dalam waktu satu hari saja. Itinerary-nya terserah kamu, mau ke mana dulu enaknya:

1. De’Ranch

deranch-djavavistaDe’Ranch yang beralamat di Jl Maribaya No 17, Lembang merupakan tempat wisata yang tidak biasa. Di sinilah, kamu akan berlibur dengan suasana ala koboi seperti di Amerika. Keren!

De’Ranch punya hamparan padang rumput dan pemandangan perbukitan. Kamu bisa menunggangi kuda dan berkeliling di sana. Topi dan pakaian ala koboi pun disiapkan agar benar-benar makin berasa menjadi koboi. Tak sampai di situ, De’Ranch pun juga punya wahana permainan lainnya seperti flying fox, fun boat, main sepeda, balo air sampai panahan. Pilih sendiri yang kamu mau.

BACA JUGA: Liburan Ala Koboi di De’Ranch Bandung

Tiket masuk De’Ranch sebesar Rp 8 ribu. Nah, aneka kegiatan di dalamnya punya harga tiket masing-masing. Contohnya, berkuda biayanya Rp 25 ribu per putaran mengelilingi De’Ranch, fun boat Rp 20 ribu, panahan Rp 20 ribu dan flying fox Rp 20 ribu.

De’Ranch buka setiap hari kecuali hari Senin. Saat hari kerja, jam bukanya dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Sedangkan untuk weekend dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

2. Observatorium Bosscha

boscha_djavavistaTraveler yang suka dengan hal-hal luar angkasa, maka Observatorium Bosscha adalah tempatnya. Di sini kamu akan mengetahui segala hal tentang luar angkasa, dari bintang sampai asteroid.

Observatorium Bosscha sendiri merupakan destinasi yang bersejarah di Indonesia, sebagai tempat pengamatan bintang yang tertua. kamu pun bisa melihat dan mengetahui tentang Teleskop Zeiss untuk mengamati Planet Mars, Saturnus, Jupiter dan kawah bulan, Teleskop Schdmit Bima Sakti untuk mempelajari struktur galaksi Bima Sakti, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Akhir Pekan Bersama Bintang di Bosscha

Kunjungan ke Observatorium Bosscha dibagi dua sesi, yakni kunjungan siang dan malam. Kunjungan siang berlangsung pada hari Sabtu dari pukul 09.00 sampai 13.00 WIB yang tiket masuknya sebesar Rp 15 ribu.

Kalau kunjungan malam harus sesuai di situs resmi Observatorium Bosscha yang memuat jadwalnya. Kunjungan malam waktunya dari pukul 17.00 sampai 20.00 WIB yang tiket masuknya Rp 20 ribu. Saat kunjungan malam dan langit sedang cerah, kamu bisa melihat hamparan bintang dengan jelas lewat teropong-teropong di sana yang canggih. Observatorium Bosscha terletak di Jalan Peneropongan Bintang, Desa Gudang Kahuripan dan Desa Lembang.

3. Gunung Tangkuban Perahu

lembang_Djavavista_2Gunung Tangkuban Perahu yang berlokasi di Desa Cikole, Lembang atau berjarak sekitar 30 km dari Kota Bandung menjadi tempat melepas penat yang sempurna. Udaranya dingin, suasananya masih alami dan panorama kawahnya indah!

Wisatawan yang datang ke Gunung dengan ketinggian 2.084 mdpl ini, biasanya menghabiskan waktu dengan berfoto-foto atau datang ke kawah-kawahnya yang begitu eksotis. Ada 10 kawah yang bisa didatangi dengan berjalan kaki. Dengan Kawah Ratu, sebagai tempat favorit untuk berfoto.

Siapkan baju tebal dan jaket untuk kamu yang mau datang ke Gunung Tangkuban Perahu. Harap diperhatikan juga, bau belerang di sana dapat membuat kamu pusing atau mulas. Maka tetap harus waspada ya!

Gunung yang erat kaitannya dengan cerita Sangkuriang tersebut, bisa bikin kamu betah dan enggan beranjak pulang. Untuk tiket masuk, mulai sekitar Rp 20 ribu.

4. Floating Market

floatingmarket_djavavistaBukan di Kalimantan, ini adalah Floating Market alias pasar terapung di Lembang. Floating Market adalah tempat wisata yang menawarkan pengalaman tidak terlupakan.

Floating Market layaknya pasar terapung di Kalimantan. Bedanya, perahu-perahu di sana tidak menjajakan sayuran dan buah-buahan, melainkan aneka kuliner khas Sunda. Sambil naik perahu, kamu bisa mencicipi penjaja surabi, bakso tahu, siomay, batagor dan aneka minuman. Harganya mulai dari Rp 5 ribu.

BACA JUGA: Floating Market, Pilihan Seru Liburan di Bandung

Kamu pun akan menyantap makanan di atas perahu yang mengarungi perairan danau yang tenang. Bagi traveler yang datang dengan pasangan, tempat ini romantis juga lho!

Floating Market berlokasi di Jl Grand Hotel no 33 E, Lembang. Jadwal bukanya dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Saat wekeend, buka sampai pukul 20.00 WIB. Tiket masuknya sebesar Rp 15 ribu.

Yang menarik, alat tukar yang digunakan di Floating Market bukanlah uang melainkan koin khusus. Jadi di bagian lobi sebelum naik perahu, kamu bisa menukar uang dengan koin khususnya. Koin khusus itulah yang nantinya dipakai untuk membeli aneka makanan.

SUMBER : Detik Traveler