Djavavista – Siapa sangka, Kalimantan Barat punya pulau yang tak kalah dengan Derawan. Namanya Pulau Randayan, di Singkawang, yang berpasir putih dengan air biru jernih. Baik darat maupun bawah airnya mempesona!

pulau_randayan_djavavistaPulau Randayan terletak di lepas laut Singkawang, Kalimantan Barat. Ini adalah pulau favorit untuk snorkeling, karena pemandangan bawah lautnya sangat cantik. Pantainya berpasir putih dan sangat halus, cocok untuk berjemur dan bersantai di bawah rindangnya pohon kelapa.

Untuk mencapai Pulau Randayan, traveler terlebih dahulu harus bertolak ke Teluk Suak. Perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam dengan jarak 115 km. Teluk ini berada di 32 km dari Kota Singkawang. Dari Teluk Suak, Anda dapat menggunakan speed boat dengan tarif pulang pergi (PP) Rp 150 ribu.

Alternatif lain, Anda dapat menggunakan perahu motor atau kapal khusus. Tetapi, Anda harus berangkat dari Pasir Panjang. Tarif kapal khusus adalah sekitar Rp 100 ribu pulang pergi. Sedangkan tarif perahu motor adalah sekitar Rp 30 ribu pulang pergi.

Jika dilihat dari kejauhan, Pulau Randayan memiliki pantai dan warna air yang sangat jernih sehingga cocok untuk olahraga menyelam. Selain itu, bagi para wisatawan yang merasa capek menikmati pemandangan pulau ini dapat langsung beristirahat di villa-villa kecil yang disediakan oleh pihak pengelola pulau.

Pulau Randayan memiliki luas tutupan karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar. Kondisi itu sangat memungkinkan bagi siapa pun yang memiliki hobi menyelam untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah airnya.

Selain snorkeling dan diving, traveler juga bisa memancing ikan. Pihak pengelola vila juga menyediakan vespa air, dan beberapa aktivitas air lainnya. Di sini pula, traveler bisa melihat penyu yang sedang bertelur. Satu hal yang tak boleh terlewat adalah panorama sunset, semburat senja di pulau ini terkenal indah!

SUMBER Detik Traveler