Djavavista – Jika ingin berkuda ala koboi, tak harus jauh-jauh datang ke Texas, AS. Di Lembang, Bandung ada De Ranch yang punya peternakan kuda dan menyediakan fasilitas untuk berkuda ala koboi.

DeRanch_djavavistaDe Ranch hadir di Jl Maribaya nomor 17, Lembang, Bandung, Jawa Barat. De Ranch dibuka sejak tahun 2007. Tempat wisata ini memiliki peternakan kuda dan sapi, serta menawarkan sensasi berkuda ala koboi di Amerika.

“De Ranch Desember 2007 sudah ada. Kita ada peternakan kuda sama sapi. Kambing juga ada, tapi untuk aktivitas pengunjung lebih kuda sama sapi saja,” ujar Wulan, bagian marketing De Ranch dalam wawancara dengan detikTravel, Rabu (26/3/2015) kemarin.

Awalnya De Ranch memang tempat pemeliharaan kuda dan sapi perah, tetapi kemudian diubah menjadi tempat wisata karena mempunyai potensi yang bisa dikembangkan. De Ranch pun kemudian disulap menjadi objek wisata kuda ala koboi. Di sini, traveler bisa berkuda sambil memakai kostum koboi.

“Buat berkudanya kita kasih pinjam topi sama kostum koboi. Kalau Sabtu-Minggu ada kostum Indian,” kata Wulan.

Ia menyebutkan bahwa setiap traveler yang ingin menunggang kuda akan mendapat pinjaman topi dan rompi ala koboi. Kostum ala suku Indian juga bisa dipinjam saat akhir pekan. Kostum Indian baru ada sejak tahun 2012.

Paket menunggang kuda di De Ranch ada bermacam-macam. Ada yang hanya berkuda keliling De Ranch, belajar berkuda dan berkuda keluar wilayah De Ranch. Untuk berkuda keliling De Ranch, pengunjung bisa naik kuda yang satu putarannya berlangsung selama 6-8 menit dengan biaya Rp 25 ribu.

“Biaya naik kuda 25 ribu sudah 1 putaran kurang lebih 6-8 menit. Kadang ada yang 1 putaran cukup. Kalau yang suka banget bisa minta 5 keliling,” tutur Wulan.

Bagi traveler yang tertarik belajar berkuda, ada program riding lesson. Traveler akan diajari berkuda selama 30-60 menit dengan master yang berpengalaman. Untuk belajar selama 60 menit, biayanya adalah Rp 120 ribu.

Jika ingin berkuda dalam waktu yang agak lama, bisa memilih Riding Out. Dengan minimal 2 orang, Anda dapat menunggang kuda ke luar De Ranch selama beberapa jam. Biaya adalah Rp 200 ribu per jam per orang.

Dengan menyediakan berbagai jenis kuda, seperti kuda poni, kuda sadel, kuda Australia dan perkawinan antara kuda lokal dan Australia. Semua pengunjung boleh menunggung kuda asal berat badan tidak lebih dari 80 kg.

Selain menunggang kuda, di De Ranch ada banyak fasilitas lain yang menarik. Ada delman yang mirip seperti kereta kuda di zaman koboi yang bisa dipakai keliling Lembang. Ada pula fasilitas perah sapi, panahan, fun boat, gold hunter, bersepeda dan berbagai permainan lainnya.

“Kita di sini kan macem-macem ada panahan, fun boat. Permainan panahan lebih ke Indian. Kalau perah sapi, itukan seperti di tempat-tempat koboi, ada kuda ada sapi,” ujar Wulan.

De Ranch memang benar-benar ingin menghadirkan nuansa ala koboi di Amerika ke Indonesia. Jadi, semua fasilitas yang ada mengacu ke dunia para koboi. Tentunya, liburan ke De Ranch ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

De Ranch buka Selasa-Minggu pukul 09.00- 17.00. Saat akhir pekan, De Ranch buka lebih lama, yaitu mulai pukul 08.00-18.00. Banyak pengunjung yang tertarik liburan di De Ranch, apalagi saat akhir pekan dan hari libur lainnya.

Cara kesana:
Jika berangkat dari Jakarta, Anda bisa naik travel atau angkutan lain sampai di perempatan Rumah Sakit Hasan Sadikin. Perjalanan dilanjutkan dengan angkot sampai perempatan Tugu Bambu Lembang. Nah, dari situ Anda bisa jalan kaki ke De Ranch.

SUMBER : Detik Traveler