Djavavista – Mendengar kata Gunungkidul, mungkin akan terlintas di benak kamu suatu daerah yang kering dan tandus. Memang pandangan seperti itu tidaklah salah karena memang di wilayah sekitar kabupaten gunungkidul memiliki tanah karts atau berkapur sehingga memiliki sifat yang mudah kering terkena sinar matahari. Meskipun begitu jangan salah dulu, karena tercatat di daerah Gunungkidul terdapat beberapa objek wisata alam salah satunya Air Terjun Sri Gethuk.

Menurut komentar dari para wisatawan yang pernah berkunjung, Air Terjun Sri Gethuk memiliki panorama yang mirip dengan destinasi wisata terkenal dunia Grand Canyon yang terletak di Arizona, Amerika Serikat. Sungai Oya yang membelah batuan dan membentuk alur yang unik itulah yang membuat kenapa objek wisata yang terletak di Jogyakarta tersebut disebut sebut mirip Grand Canyon.

Air Terjun Sri Gethuk Sebagai Destinasi Favorit Anak Muda

Menikmati Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogyakarta2Keindahan alam yang terhampar di sekitar Air Terjun Sri Gethuk yang dapat dinikmatidengan dua pilihan yakni pertama kamu dapat menelusuri jalan setapak dengan menyaksikan hamparan sawah dan deretan pohon kelapa atau bagi kamu yang ingin menguji adrenalin dapat mencoba menelusuri aliran sungai Oya yang begitu tenang dengan menggunakan rakit sederhana dan menikmati aliran sungai berwarna kehijauan, kontras dengan tanah dan batuan berwarna kuning kelabu.

Sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin menelusuri sungai Oya dapat melakukannya di pagi hari, karena aliran air yang lebih tenang dan udara yang masih terasa sejuk memberikan kenyamanan tersendiri untuk kamu bersama rekan rekan dalam menikmati hijaunya semak dan perdu yang tumbuh di sekitar tebing tebing karts. Perpaduan warna antara air sungai yang hijau bening, batuan karts dan semak belukar di sepanjang aliran sungai terbukti sangat memanjakan mata wisatawan yang datang untuk sekedar melepas penat dan lelah.

Menyaksikan Pelangi Di Air Terjun Sri Gethuk

Menikmati Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogyakarta1Sekitar 15 menit setelah menelusuri aliran sungai Oya, kamu akan tiba di Objek wisata Air Terjun Sri Gethuk, ditandai dengan gemuruh suara air terjun yang tentu saja akan mengundang rasa penasaran untuk datang menikmati dari jarak dekat. Menariknya batuan tersusun berundak seperti halnya kolam renang, dapat kamu lihat dibawah air terjun, bahkan terkadang pada saat saat tertentu kamu juga bisa melihat kemunculan pelangi di balik air terjun, terutama pada saat musim hujan.

Kamu juga bisa mencoba mandi di bawah air terjun, sensasinya luar biasa ketika air yang terjun dari atas tebing mengenai punggung, seperti dipijat pijat dan apalagi airnya jernih dan sejuk dapat menghilangkan rasa lelah setelah berjalan cukup jauh untuk sampai ke objek wisata yang juga terkenal dengan mitosnya tersebut.

Menurut cerita masyarakat lokal, penyebab kenapa air terjun tersebut dinamakan dengan Sri Gethuk, karena konon memiliki lokasi khusus untuk menyimpan alat musik Gethuk/ Gamelan. Tak heran jika pada saat saat tertentu kerap terdengar suara alunan gamelan dari arah lokasi Air Terjun Sri Gethuk.

Jika kamu semakin penasaran dan ingin segera mencoba merasakan keindahan panorama Air Terjun Sri Gethuk dapat memulainya dari kota Jogyakarta dengan mengambil jalur ke Wonosari, nanti ketika sampai di pertigaan Gading akan ada papan petunjuk untuk sampai ke daerah Playen, dari sinilah kamu dapat melanjutkan menuju Air Terjun Sri Gethuk dan objek wisata menarik lainnya.