Djavavista – Gili atau nusa memiliki arti yang sejenis yaitu pulau kecil. Di Lombok boleh banyak gili, sedangkan di Bali ada banyak nusa.

Lombok punya 3 gili yang jadi andalan yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Sedangkan Bali juga punya 3 nusa terkenal yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Ketiga nusa tersebut jadi wisata pulau kecil andalan di Bali yang tak boleh kamu lewatkan. Asyiknya, ketiga pulau ini berada berdekatan.s Disusun detikTravel, Kamis (26/11/2015) inilah ketiga nusa di Bali:

1. Nusa Lembongan

Nusa pertama adalah Nusa Lembongan yang berada di selatan Bali. Pulau seluas kira-kira 8 km persegi ini menjadi tempat bagi traveler yang ingin mencari suasana sepi di Pulau Dewata.

Ombak yang bagus dan alam bawah laut yang indah jadi incaran wisatawan yang ingin menghabiskan liburan di air. Mau surfing, snorkeling atau diving, tinggal pilih. Meski pada awalnya, pulau ini mulai didatangi wisatawan yang ingin surfing.

Pasir nan indah dan putih tak pernah seramai Pantai Kuta. Beberapa pantai yang terkenal di sini antara lain Scoobydoo Beach, Paradise Beach, Dream Beach, Sandy Bay, dan masih banyak lagi.

Wisatawan yang datang ke sini juga sering diving untuk bertemu salah satu biota laut unik yaitu ikan mola-mola. Ikan nan besar sering terlihat di perairan Nusa Lembongan. Bayangkan, besarnya bisa sampai 5 meter!

Tak perlu mengkhawatirkan penginapan di pulau ini karena sudah banyak tersedia. Pilihannya begitu banyak mulai dari resor, bungalow, cottages, sampai kamar penginapan sederhana. Sedangkan transportasi menuju ke pulau bisa dengan perahu yang berangkat dari Pantai Sanur atau Pelabuhan Benoa.

nusa_bali_djavavista_22. Nusa Penida

nusa_penida_djavavistaSelanjutnya ada Nusa Penida yang merupakan pulau terbesar dari 3 nusa ini. Luasnya mencapai 202 hektar. Berada di Kabupaten Klungkung, pulau ini juga jadi incaran wisatawan yang ingin destinasi berbeda saat ke Bali.

Pulau yang belum terlalu berkembang ini jadi tempat cocok bagi traveler yang ingin menjelajah dengan suasana alami. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sini adalah trekking, gowes ke gunung, atau birdwatching.

Sedangkan untuk menikmati alam bawah laut di pulau ini, bisa coba diving. Para pecinta diving bisa berlama-lama di dalam air karena bisa bertemu dengan aneka biota laut seperti pari manta. Setidaknya ada 20 dive site yang bisa diselami.

Tak seperti di Nusa Lembongan, penginapan di sini lebih terasa hangat karena kebanyakan homestay atau guesthouse. Asyiknya, harganya tentu lebih murah!

Nusa Penida bisa didatangi dari beberapa titik. Traveler bisa naik perahu dari Padang Bai, Pelabuhan Beno, Sanur, atau dari Nusa Lembongan.

3. Nusa Ceningan

nusa_ceningan_djavavistaSedangkan Nusa Ceningan adalah pulau yang memisahkan Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Pulaunya lebih kecil dibanding kedua nusa lainnya. Selain dengan perahu, pulau ini bisa dicapai dari Nusa Lembongan atau Nusa Penida dengan naik jembatan yang bisa dilalui motor.

Seringnya, wisatawan yang datang ke Nusa Ceningan adalah mereka yang berburu ombak untuk surfing. Tempat surfing di sini bisa lebih ramai dibanding yang ada di Nusa Lembongan lho!

Selain bermain air, pulau ini memiliki pemandangan indah di sepanjang jalannya. Jadi salah satu cara terbaik menikmati Nusa Ceningan adalah berkeliling dengan sepeda motor.

Nusa Ceningan menawarkan aktivitas ekstrem untuk wisatawan yang punya nyali. Ada kegiatan cliff jumping atau lompat dari tebing ke laut yang sangat menantang.

Masalah penginapan, sudah ada beberapa yang tersedia. Mulai dari resor dan penginapan sederhana pun bisa dipilih.

SUMBER : Detik Traveler