Djavavista – Mau merasakan suasana padang savana dan penuh satwa liar? Tak perlu jauh-jauh ke Afrika, Indonesia juga punya lho. Tahukah kamu, ada dua tempat di Pulau Jawa yang sudah punya julukan ‘Africa in Java’. Apa saja?

Kedua tempatnya adalah Taman Nasional Baluran, Situbondo dan Sadengan di Taman Nasional Ala Purwo, Banyuwangi. Dua tempat yang lokasinya ada di Jawa Timur ini bakal membuat Anda serasa di Afrika!

Kita mulai dari Taman Nasional Baluran terlebih dulu yang berlokasi di wilayah Banyuputih. Tri, dari bagian Pelayanan Pengunjung Taman Nasional Baluran, menjelaskan bagaimana cara menuju ke sana.

“Sebenarnya lebih dekat dari Banyuwangi daripada dari Situbondo. Jadi, wisatawan dari Jakarta dapat naik kereta dan turun di Stasiun Banyuwangi Baru. Lalu, sambung naik angkutan umum ke arah Baluran sekitar Rp 10 ribu biayanya dan turun persis di pintu masuknya. Tapi, lebih enak bawa mobil sendiri,” ujarnya kepada detikTravel, Kamis (26/3/2015).

Taman_Nasional_Alas_Purwo_DjavavistaSekitar 12 kilometer dari pintu masuk, wisatawan akan melihat padang savana yang luas bak di Afrika. Berupa padang yang tandus, pohon-pohon yang kering dan bebatuan terlihat sejauh mata memandang. belum lagi, banyak satwanya!

“Ada rusa, kerbau, banteng, monyet, burung dan merak. Inilah ‘Africa in Java’,” tegas Tri.

Kebanyakan, wisatawan menghabiskan waktu di sana untuk berfoto-foto. Apalagi saat sunset, suasananya sangat bagus. Kala malam, giliran lagit bertabur bintang yang menyapa Anda.

“Biaya masuk Taman Nasional Baluran sendiri sebesar Rp 15 ribu saat weekday dan Rp 17.500 saat weekend. Bagi yang membawa mobil, kena biaya lagi Rp 10 ribu dan bagi yang membawa motor Rp 5 ribu,” papar Tri.

Kurang puas hanya satu hari di sana, tenang saja, ada penginapan di kawasan Bekol yang tepai di tengah padang savana. Harga per malamnya Rp 150 ribu, belum termasuk makan.

“Hanya tempat untuk tidur saja dan ada 7 kamar, yang total bisa nampung 14 orang. Tapi harus jauh-jauh hari memesannya dengan menelfon ke nomor telefon Taman Nasional Baluran (0333-461936),” terang Tri.

Selain Taman Nasional Baluran, satu lagi Afrika di Pulau Jawa adalah Sadengan. Sadengan merupakan suatu kawasan di dalam Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Jarak dari pintunya sekitar 45 menit naik mobil.

“Sadengan juga disebut ‘Africa in Java’. Ada padang savana yang tandus dan penuh satwa, seperti banteng, rusa dan burung merak. Namun, satwa-satwa di sini lebih buas,” ujar Bagian Lapangan dari Dinas Pariwisata Banyuwangi, Sofyan Yudianto.

Di Sadengan, wisatawan dilarang untuk menjelajahi padang savananya yang bertujuan untuk melindungi habitat satwa-satwa di sana dan demi keselamatan wisatawannya juga. Tenang saja, Anda masih bisa melihat hamparan padang savana dari balik pagar pembatas dan naik ke atas tower untuk melihatnya dari ketinggian.

“Hanya tim peneliti dan konservasi yang boleh masuk ke dalam. Satwa di sana memang dijaga betul, karena bisa terganggu kalau bertemu manusia dari dekat. Namun pemandangan yang dilihat sudah seperti di Afrika,” papar Sofyan.

Tiket masuk ke Taman Nasional Alas Purwo adalah sekitar Rp 10 ribu. Dari Kota Banyuwangi, Anda bisa mengambil jalur menuju Muncar lalu masuk ke Desa Gedung Gebang. Kemudian, mengikuti Desa Kalipati yang merupakan desa terakhir sebelum masuk ke Taman Nasional Alas Purwo.

Kalau dipikir-pikir, cukup mudah untuk mendatangi dua tempat tersebut. Sudah begitu, harganya pun murah lagi. Selamat datang di Afrika ala Pulau Jawa!

SUMBER : Detik Traveler