Djavavista – Kata siapa, anak sekolah tidak bisa jalan-jalan ke luar negeri. Bagi kamu yang sudah punya paspor, ayo coba liburan ke negeri tetangga. Ada 5 destinasi luar negeri yang asyik dan aman untuk mereka yang masih pelajar!

Beberapa negara menawarkan kenyamanan kepada traveler, termasuk bagi mereka yang berstatus pelajar. Sarana transportasi yang memadai, suasana yang aman dan objek wisata yang menarik, jadi jaminannya. Tapi ingat, kamu harus punya cukup banyak tabungan ya.

Jangan pergi sendiri ya, kamu bisa ke sana bersama kawan-kawan atau saudara dan kerabat terutama yang lebih tua. Disusun detikTravel, Kamis (16/5/2015) berikut 5 destinasi luar negeri yang asyik untuk pelajar:

1. Singapura

Universal_Studios_Singapore_djavavistaNegeri tetangga Singapura jadi destinasi yang paling asyik untuk didatangi. Banyak maskapai yang terbang ke sana dari kota-kota besar di Indonesia, sehingga kamu bisa menentukan mau pilih yang mana sesuai dengan bujet.

Transportasi MRT di Singapura pun memudahkan kamu untuk mengelilingi tiap tempat wisata. Beberapa yang wajib didatangi seperti Universal Studios Singapura yang punya wahana permainan Revenge of The Mummy dan Transformers The Ride: The Ultimate 3D Battle yang etrkenal, serta Resort World Sentosa dengan S.E.A Aquarium yang merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia dengan ratusan ribu jenis biota laut.

Belum selesai, masih ada kawasan Orchard dan Chinatown bagi kamu yang doyan belanja. Marina Bay Singapura dan patung Merlion di dekatnya juga harus didatangi, sebagai bukti kalau kamu sah ke Singapura.

2. Kuala Lumpur, Malaysia

central_market_djavavistaKata siapa, liburan ke Kuala Lumpur ongkosnya mahal. Buktinya, ada 5 aktivitas wisata gratis yang bisa kamu nikmati di ibukota negara Malaysia ini. Dari foto-foto di Menara Petronas, menyusuri Merdeka Square yang penuh bangunan kolonial Inggris, Taman Tasik Perdana dengan taman dan danau yang cantik, Central Market yang menjajakan aneka kerajinan khas Malaysia dan kuil-kuil ala Tiongkok dan India di kawasan Chinatown.

Perut lapar? Tenang, banyak kawasan yang terkenal dnegan kuliner yang murah meriah. Sebut saja, Jalan Alor di Bukit Bintang yang penuh deretan penjaja makanan. Ada Chicken Rice, es krim Turki sampai es air mata kucing khas Malaysia.

3. Penang, Malaysia

georgetown_djavavistaSatu lagi destinasi wisata di Malaysia yang asyik dikunjungi pelajar adalah Penang. Suatu pulau kecil yang asri, aman untuk didatangi serta banyak tempat wisata menarik.

Dari Jakarta, kmau bisa naik pesawat seperti AirAsia atau Malindo Air untuk tiba di Penang. Kemudian, ragam transportasi seperti taksi, Bus Rapid Penang (bus umum di sana) sampai penyewaan mobil tersedia lengkap dari bandaranya. Tempat bermalam, Anda bisa pilih di Georgetown yang merupakan pusat kotanya. Pengianapn murah sampai hotel berbintang tersedia lengkap.

Apa menariknya Penang? Ada Penang Hill yang terkenal, yakni suatu bukit yang bisa kamu datangi dengan naik kereta gantung. Dari atas sana, pemandangan lautan, kota dan pegunungan terlihat cantik. Ada pula Penang Bridge, suatu jembatan yang membelah lautan sepanjang 13,5 km dan menghubungkan antara Sebrang Prai di daratan Malaysia dengan Bayan lepas di Penang.

Sedangkan Georgetown sendiri menjadi destinasi bersejarah di Penang yang sebenarnya bisa dibilang kawasan Kota Tua. Diakui sebagaiĀ  World Cultural Heritage Site pada 2008, bangunan-angunan kolonial Inggris masih tertata rapi di sana. Salah satunya yakni Fort Cornwallis, benteng tua yang sudah berdiri sejak tahun 1786. Bahkan, banyak traveler bilang kalau Georgetown rasanya seperti di Inggris saja.

4. Bangkok, Thailand

khaosan_djavavistaMasih di kawasan Asia Tenggara, Bangkok bisa jadi destinasi liburan kamu selanjutnya. Mau bikin itinerary sendiri ke Bangkok atau ikut paket wisata dari berbagai travel agen, terserah kamu.

Belanja, jadi kegiatan paling wajib saat kamu ke Bangkok. Beberapa tempat belanja yang murah meriah di sana yaitu Chatuchak Weekend Market, Khao San Road, Shukumvit Road dan Chinatown. Di sanalah kamu bisa berburu aneka barang-barang fashion, aksesoris, sepatu sampai suvenir. Dari replika patung Buddha sampai kaos bertuliskan ‘I Love BK’ jadi yang paling sering diincar traveler.

Selain belanja, Bangkok pun terkenal dengan kulinernya. Hampir di setiap sudut jalanan di Bangkok, kamu akan menemui penjaja makanan. Makanannya bermacam-macam, yang paling populer itu pad thai dan manggo sticky rice. Pad thai berupa kwetiaw goreng yang maknyus sedangkan manggo sticky rice terbuat dari ketan putih yang gurih, ditambah irisan mangga matang manis dan disiram sedikit kuah santan kental. Nyam!

Mau gaul di Bangkok, datangilah Asiatique yang berada di tepian sungai Chao Phraya. Ini merupakan kawasan wisata yang luas dan terbagi dalam 4 zona, yakni toko perbelanjaan, restoran, bar dan spa. Ada 1.000 restoran, panggung pertunjukan, beragam toko suvenir sampai wisata naik kapal menyusuri sungai.

5. Perth, Australia

freemantle_australia_djavavistaMelipir ke Australia, Kota Perth di Western Australia cocok untuk didatangi para pelajar. Cuma 4 jam terbang dari Jakarta, Perth yang kotanya begitu bersih, tertata rapi dan masyarakatnya bersahabat dengan turis. Jalan-jalan ke sini, aman kok!

Perth begitu identik dengan taman, salah satunya adalah King’s Park seluas 400 hektar yang berada di kawasan perbukitan dan menampilkan panorama Kota perth dan lautan. Udaranya yang segar, bisa bikin pikiran tenang. Air mancur dan jembatan kaca di sana, pun menambah elok pemandangan.

Untuk wisata belanja dan kuliner, kamu bisa ke Fremantle. Di sinilah terdapat Sunday Market yang hanya ada di akhir pekan, yang menjajakan aneka barang dengan harga miring. Jangan lupa cicipi fish n chips, kuliner khas Australia berupa ikan kakap yang digoreng tepung dan disajikan dengan kentang goreng dan salad. Nyam…

Datangi pula Perth Zoo, kebun binatang yang usianya sudah 100 tahun lebih. 230 Spesies binatang dari seluruh belahan negara seperti Afrika hingga Amerika bisa dilihat di sana. Suasananya saja, sudah membuat kamu seperti memasuki alam liar.

SUMBER : Detik Traveler